Home / Penyakit Kutil Kelamin / Penyakit Kutil Kelamin (Kondiloma Akuminata), Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Penyakit Kutil Kelamin (Kondiloma Akuminata), Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Penyakit Kutil Kelamin / genital warts, 90% disebabkan oleh HPV 6 atau 11. HPV tipe 6 atau 11 umumnya ditemukan sebelum atau pada saat mendeteksi genital warts (406). HPV tipe 16, 18, 31, 33, dan 35 ditemukan kadang-kadang di kutil kelamin yang terlihat (biasanya sebagai koinfeksi dengan HPV 6 atau 11) dan dapat dikaitkan dengan fokus neoplasia intraepitel tingkat tinggi, terutama pada orang-orang yang terinfeksi HIV infeksi. Kondiloma akuminata pada ibu hamil. Selain kutil pada daerah genital, HPV tipe 6 dan 11 telah dikaitkan dengan kutil konjungtiva, nasal, oral, dan laring.

Penyakit Kutil Kelamin (Kondiloma Akuminata), Jengger Ayam

Penyakit Kutil Kelamin biasanya tidak bergejala, namun tergantung pada ukuran dan lokasi anatomis, mereka bisa terasa sakit atau bersifat pruritus. Kutil kelamin biasanya tumbuh rata, berkelompok pada mukosa kelamin. Kutil kelamin biasanya terjadi di tempat anatomis tertentu, termasuk di sekitar kemaluan pada wanita, di bawah kulup penis yang tidak disunat, dan pada batang penis yang disunat. Kutil kelamin juga dapat terjadi di beberapa tempat di epitel anogenital atau di dalam saluran anogenital (mis., Serviks, vagina, uretra, perineum, kulit perianal, dan skrotum). Kutil intra-dubur diamati terutama pada orang-orang yang telah melakukan hubungan seks dubur reseptif, tetapi juga dapat terjadi pada pria dan wanita yang tidak memiliki riwayat hubungan seksual anal.

Penyakit Kutil Kelamin

gambar kondiloma akuminata

contoh kondiloma pada wanita

obat kutil kelamin

Diagnosis Penyakit Kutil Kelamin biasanya bersifat klinis, dilakukan dengan inspeksi visual. Kutil kelamin dapat dikonfirmasi dengan biopsi, yang mungkin ditunjukkan jika

Diagnosis tidak pasti;

Lesi tidak merespons terapi standar;

Penyakit memburuk selama terapi;

Lesi tidak atipikal;

Pasien terdiri dari imunitas; Atau

Kutil berpigmen, diinduksi, diperbaiki, berdarah, atau mengalami ulserasi

Penyakit Kutil Kelamin biasanya tidak bergejala, namun tergantung pada ukuran, lokasi anatomis dan penyebab kondiloma akuminata, mereka mungkin menyakitkan atau pruritus. Penggunaan tes DNA HPV untuk diagnosis genital wart tidak disarankan, karena hasil tes tidak akan mengubah pengelolaan klinis dari kondisi tersebut.

Penerapan asam asetat 3% -5%, yang menyebabkan warna kulit menjadi putih, telah digunakan oleh beberapa penyedia untuk mendeteksi mukosa genital HPV. Namun, aplikasi asam asetat bukanlah tes spesifik untuk infeksi HPV. Oleh karena itu, penggunaan rutin prosedur untuk skrining untuk mendeteksi gejala kondiloma akuminata, perubahan mukosa yang dikaitkan dengan infeksi HPV tidak disarankan.

Fakto Resiko Penyakit Kutil Kelamin (Kondiloma Akuminata), Jengger Ayam

Virus DNA golongan Papovavirus yaitu Human Papilloma Virus HPV HPV tipe 6 dan 11 menimbulkan lesi dengan pertumbuhan jengger ayam HPV tipe 16 18 dan 31 menimbulkan lesi yang datar flat HPV tipe 16 dan 18

Genitalia kanker ganas pada kelamin Terdapat papul atau tumor benjolan dapat soliter tunggal atau multipel banyak dengan permukaan yang verukous atau mirip jengger ayam

Berbau tidak sedap Pengobatan Umumnya di daerah lipatan yang lembab pada genitalia eksterna

Vulva vagina sampai serviks daerah perineum dan perineae Lesi berupa papul berwarna pucat

Ciri Ciri Kutil Kelamin (Kondiloma Akuminata), Jengger Ayam

Merasakan sakit

Terjadi Pendarahan

Terdapat luka / lecet pada alat kelamin

Gejala Kutil Kelamin (Kondiloma Akuminata), Jengger Ayam

Gejala paling umum dari kondiloma akuminata adalah penderita mengalami demam, pendarahan, keputihan berwarna kuning dan bau pada alat kelamin. Infeksi pada kondiloma akuminata ini sangat menyakitkan dan menyebabkan iritasi dan gatal pada daerah yang terinfeksi kutil kelamin (kondiloma akuminata), jengger ayam sesuai dengan ukuran dan lokasi kutil kelamin tersebut. Kutil kelamin ini menginfeksi lebih dari satu daerah pada kelamin maupun organ lainnya.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Mengobati Kutil Kelamin?

Kutil kelamin pada pria menginfeksi saluran kencing, skrotum, penis, dan daerah dubur. Kutil kelamin pada pria akan muncul berbentuk lembut, halus, dan seperti tumpukan daging pada batang penis. Atau, kutil dapat muncul sebagai kutil anal, di mana pertumbuhan kutil kelamin pada pria ini kasar dan menonjol.

Pengobatan & Pencegahan Kutil Kelamin

Alasan utama untuk mengobati kutil kelamin adalah perbaikan gejala dan akhirnya, menghilangkan kutil. pengobatan kondiloma dengan albotyl. Pada kebanyakan pasien, pengobatan dapat menyebabkan periode bebas kutil. Jika tidak diobati, tidak dapat sembuh sendiri, tetap tidak berubah, atau bertambah dalam ukuran atau jumlah. Terapi yang tersedia untuk kutil kelamin cenderung berkurang, tapi mungkin tidak memberantas, infektivitas HPV. Apakah pengurangan DNA virus HPV akibat pengobatan mengurangi transmisi di masa depan masih belum jelas. Kutil kelamin juga berhubungan dengan perkembangan kanker serviks.

Pengobatan Penyakit Kutil Kelamin / genital warts harus dipandu oleh preferensi pasien, sumber daya yang tersedia, dan pengalaman penyedia layanan kesehatan. Tidak ada bukti pasti yang menunjukkan bahwa perawatan apa pun yang ada lebih unggul dari yang lain, dan tidak ada pengobatan tunggal yang ideal untuk semua pasien atau semua kutil. Penggunaan algoritma pengobatan yang dikembangkan secara lokal dan dipantau telah dikaitkan dengan hasil klinis yang lebih baik dan harus didorong. Karena ketidakpastian mengenai efek pengobatan terhadap transmisi HPV di masa depan dan kemungkinan resolusi spontan, alternatif yang dapat diterima untuk beberapa orang adalah untuk menghilangkan perawatan dan menunggu resolusi spontan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan pengobatan meliputi ukuran kutil, jumlah kutil, biaya pengobatan, kenyamanan, efek samping,  pengalaman penyedia, dll. Faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi respons terhadap terapi meliputi adanya imunosupresi dan kepatuhan terhadap terapi, yang dapat terdiri dari pengobatan tunggal atau pengobatan lengkap. Secara umum, kutil yang terletak di permukaan lembab atau di daerah intertriginous merespons pengobatan topikal terbaik. Modalitas perawatan harus diubah jika pasien belum membaik secara substansial setelah perawatan yang lengkap atau jika efek sampingnya parah. Sebagian besar kutil kelamin merespons dalam 3 bulan terapi. Respon terhadap pengobatan dan efek samping apapun harus dievaluasi selama menjalani terapi.

Baca Juga :  Obat Kutil Kelamin Herbal De Nature Indonesia

Komplikasi jarang terjadi bila pengobatan diberikan dengan benar. Pasien harus diberi peringatan bahwa pengobatan kutil kelamin harus intensif. Bekas luka jarang terjadi tapi bisa terjadi, terutama jika pasien tidak cukup waktu untuk menyembuhkan di antara perawatan. Jarang, pengobatan dapat menyebabkan sindrom nyeri kronis (mis., Vulvodynia dan hiperestesi di tempat pengobatan) atau, dalam kasus kutil dubur, buang air besar atau fistula yang menyakitkan. Sejumlah laporan kasus efek yang parah akibat pengobatan dengan resin podofilin dan interferon telah didokumentasikan.

Pengobatan yang Direkomendasikan untuk Penyakit Kutil Kelamin :

Pasien-Terapan:

Larutan Podofilox 0.5% atau gel

ATAU

Krim Imiquimod 5%

ATAU

Salep Sinecatechins 15%

Provider-Administered:

Cryotherapy dengan nitrogen cair atau cryoprobe.

Ulangi aplikasi setiap 1-2 minggu.

ATAU

Resin Podophyllin 10% -25% pada tingtur senyawa benzoin

ATAU

Asam Trichloroacetic (TCA) atau Bichloroacetic acid (BCA) 80% -90%

ATAU

Pembedahan dilakukan dengan eksisi gunting tangensial, eksisi bercukur tangensial, kuretase, atau bedah listrik.

Pengobatan yang dianjurkan untuk Kutil Rahim :

Bagi wanita yang memiliki kutil serviks eksofitik, evaluasi biopsi untuk menyingkirkan SIL tingkat tinggi harus dilakukan sebelum pengobatan dimulai. Pengelolaan kutil rahim eksophytic harus mencakup konsultasi dengan spesialis.

Pengobatan yang disarankan untuk Kutil Vagina :

Cryotherapy dengan nitrogen cair. Penggunaan cryoprobe di vagina tidak dianjurkan karena adanya risiko perforasi vagina dan pembentukan fistula. ATAU TCA atau BCA 80% -90% diterapkan pada kutil.

Sejumlah kecil harus dioleskan hanya pada kutil dan dibiarkan mengering, dan pada saat itu terjadi pembekuan putih. Jika kelebihan jumlah asam dioleskan, area yang diobati harus bubuk dengan bedak, natrium bikarbonat, atau sediaan sabun cair untuk menghilangkan asam yang tidak bereaksi. Pengobatan ini bisa diulang setiap minggu, jika perlu.

Pengobatan yang direkomendasikan :

Cryotherapy dengan nitrogen cair

ATAU

Podophyllin 10% -25% pada senyawa tinktur benzoin. Area perawatan dan kulit normal yang berdekatan harus kering sebelum kontak dengan podofilin.

Pengobatan ini bisa diulang setiap minggu, jika perlu. Keamanan podophyllin selama kehamilan belum terbentuk. Data terbatas pada penggunaan podofilox dan imiquimod untuk pengobatan kutil meatal distal.

Pengobatan yang disarankan untuk kutil Anal :

Cryotherapy dengan nitrogen cair

ATAU

TCA atau BCA 80% -90% diterapkan pada kutil. Sejumlah kecil harus dioleskan hanya pada kutil dan dibiarkan mengering, dan pada saat itu terjadi pembekuan putih. Jika kelebihan jumlah asam dioleskan, area yang diobati harus bubuk dengan bedak, natrium bikarbonat, atau sediaan sabun cair untuk menghilangkan asam yang tidak bereaksi. Pengobatan ini bisa diulang setiap minggu, jika perlu.

ATAU

Pembedahan bedah

Kutil intra-dubur harus dikelola melalui konsultasi dengan spesialis. Banyak orang dengan kutil anal juga memiliki kutil pada mukosa rektum, sehingga orang dengan kutil anus dan / atau intra-dubur mungkin mendapat keuntungan dari inspeksi mukosa rektum dengan pemeriksaan digital, anoscopy standar, atau anoscopy beresolusi tinggi.

About denature

error: